Bolehkan Penyanyi Muslim Menyanyikan Lagu Natal ?

Hari ini saya sedang download Album Natalnya Djaduk Ferianto. Nah yang agak terkejut, saya menemukan 2 buah lagi yang dibawakan oleh Trie Utami. Lagu yg dibawakan adalah Malam Kudus dan Alam Raya Karya Bapa. Terus terang Trie Utami berhasil membawakan dgn sangat bagus..(salah satu versi Malam Kudus yg paling bagus... ?
krist wibowo
Krist, jawaban yang paling benar untuk pertanyaan anda, dalam ajaran agama Islam, adalah tidak boleh.

Sebagian umat Islam yang menjawab boleh adalah yang tidak mengerti dengan baik aturan pelarangannya, dan mungkin juga memandang ikut serta 'menyanyikan' sah-sah saja karena melambangkan 'kerukunan'. Sebaliknya, ada juga umat Islam yang tidak membolehkannya dengan alasan murni kebencian dan atau memang tidak ingin menghormati umat Kristen, dll.

Tidak boleh atau haram dengan alasan dan dalil sebagai berikut:

Sudah menjadi bagian utama dari Agama Islam, untuk menolak setiap perayaan yang tidak ada sumbernya dari Al Quran dan tidak dicontohkan oleh Nabi sholallahu 'alaihi wassalam. Beliau bersabda hari raya umat Islam hanya dua, Idul Fitri dan Adha. Otomatis, berdasarkan alasan ini (ketiadaan contoh), perayaan kelahiran Nabi Muhammadpun (maulid) dan ikut serta dalam merayakannnya, menjadi haram, tidak saja pada perayaan Natal.

Sebenarnya 1 alasan ini saja sudah lebih dari cukup, karena meliputi pengharaman terhadap semua bentuk peribadatan atau amalan yang tidak ada contohnya dari Nabi.

Tapi dari sisi lain juga bisa dipahami, bahwa larangan ikut serta dalam perayaan Natal (termasuk mengucapkan selamat) bukanlah bentuk tidak hormatnya umat Islam terhadap umat Kristen. Melainkan bentuk penghormatan yang diberikan umat Islam kepada Nabi Isa 'Alaihissalam sendiri, dengan cara menempatkan beliau sesuai statusnya yang diyakini umat Islam, sekaligus terhadap ajaran yang dibawa Nabi Muhammad sholallahu 'alaihi wassalam.

Dalil-dalil lengkapnya bisa Krist lihat dalam Fatwa MUI tentang Perayaan Natal Bersama:



dan sebagai tambahan, Q&A berikut (3 paragraf terakhir cukup representatif):

Misyal
Aneh dan betapa piciknya, padahal lagu natalpun menganggungkan Allah, tak ada lagu natal yang mengagungkan agama kristen. Terlepas dari tidka di terimanya Yesus sebagai Tuhan oleh kaum muslim, tapi maksudnya kan tetap satu yaitu Tuhan. Malah ada yang bilang kalau pas nyanyiin lagu natal trus meninggal, lalu apa masuk neraka? Duh !!! Tuhan memberikan hikmat dan akal budi, pada kemana itu semua?
Logic_L
aku mungkin tak tahu boleh atau tidaknya... tapi, coba kita bayangkan....

kita tak tahu kapan kita mati....
andai saat kita mendengar lagu natal, Allah menjemput kita,...
dalam keadaan apa kita mati?? khusnul khotimah kah?
mati memang kekuasaan Allah.. tapi bagaimana kita mati adalah pilihan kita sendiri.... jadi, mari kita berusaha untuk mengkondisikan hidup kita senantiasa dalam mengingat Allah, hingga saat ajal tiba, insyaAllah syurga menanti kita... aminn....
nayya
menurut saya sih boleh. karena sama2 satu Tuhan kan? hanya cara panggilannya berbeda. Bhinneka Tunggal Ika bos.
Bart Simpson strikes Internet
Namanya juga nyari uang terserah dia aja mau nyanyi apa yg penting dia cepat kaya..,maaf jawaban saya singkat soalnya pasti pikirannya Trie Utami sama kayak saya hehehe....
budi anak mami
haram...
tapi kejadian kayak gitu dah biasa,
tergantung orangnya, dan jangan salahkan agamanya...
agamanya dah bilang gak bole, trus orangnya ngelawan...
such an ordinary thing in da world...
gak cuman islam, kristen juga, hindu juga
pokokna tgantung orangna
halah, sama aja...
liat tuh di tipi, bintang sinetron jelas-jelas kristen, pake peci ama mukena, kadang sholat pula....
biasa, demi tuntutan dan demi fulus....
trus liat pilm boolywood, jelas dia hindu trus nglakuin sholat dlsbnya

@Tuxedo_Sam
saya nggak bilang itu haram di agama lain kok,
ya itu terserah keyakinan mereka...
Saya cuman bilang hal itu terjadi juga ama penganut agama yang lain, nggak cuman muslim doang...
gitu boss....
cuman kalo di Islam tu setau saya haram....
....:-)
a b
Kaget juga, liat beberapa jawaban di atas saya...
ternyata beneran ada yang anggap itu ga boleh bahkan haram, ya?

Gimana mereka bisa tetap mengaku bahwa semua agama itu baik, ya? nyanyi aja bisa berakibat neraka, lho...

dimana dan kapan si mereka mau mendengar hati mereka? kok terus2an liat buku dan ayat2? terus2an menganggap tuhan sebodoh itu?
Drunk Paula
aku nggak tau hukumnya apa, tapi kalo nyanyi aja bisa dosa ato masuk neraka, aku kira Tuhan tidak sejahat itu.
Kalo utk urusan duit, sepertinya ini tdk ada urusannya sama duit, krn kebetulan Trie Utami nyanyinya di gereja aku di Bali (aku nggak tau apakah yg anda dengar di kaset itu sama dgn yg dinyanyikan digereja aku) dan dari panitia acara, mereka bilang Trie Utami adalah org yg baik sekali dan rendah hati. Sepertinya dia tidak dibayar, hanya diganti ongkos pesawat saja bahkan dia tidak mau dibookingkan hotel dan minta menginap disalah satu rumah anggota panitia acara trsbt. Memang acara itu tujuannya amal dan dia bilang tidak usah keluar uang mahal2 utk dia karena khan tujuannya amal.
Itu yg aku tau, krn kebetulan salah satu panitia acaranya bercerita padaku.
ocean
Hari ini saya sedang download Album Natalnya Djaduk Ferianto.
Nah yang agak terkejut, saya menemukan 2 buah lagi yang dibawakan oleh Trie Utami. Lagu yg dibawakan adalah Malam Kudus dan Alam Raya Karya Bapa. Terus terang Trie Utami berhasil membawakan dgn sangat bagus..(salah satu versi Malam Kudus yg paling bagus yg pernah saya dengar).
Terlepas dari pergaulan Trie Utami dgn Komunitas Sinten Remen (Groupnya Djaduk),saya ingin bertanya adakah hukum yang melarang hal ini dalam Islam??

Versi lagu2 tsb bisa anda temukan disini


Atas jawaban teman2 semua, saya mengucapkan terima kasih.
Btw Selamat Hari Idul Adha buat teman2 semua yg merayakannya.


Salam
Kilah pelantun tersebut : 'business is bussiness ... !'
bituti
@ a b
Kalau di Kristen gak ada tuh hukum haram cuma gara 2 pake peci doang, hal2 yang seperti itu tidak menajdi masalah, yang penting hati kita berkenan tidak di hadapan Allah.
I-deal-is-me

Jawaban terbaik bolehkan penyanyi muslim menyanyikan lagu natal??

Penyanyi muslim tentu boleh menyanyikan lagu natal.

Kan hanya lagu.......

Namanya juga penyanyi.....

Nyanyi lagu tentang cinta belum tentu lagi jatuh cinta kan??
UnKnWn
loading...

Komentar Bolehkan Penyanyi Muslim Menyanyikan Lagu Natal ? Lewat Facebook